Semoga Allah Mengabulkan Doa Kita, Pilih Naik Haji Atau Liburan Ke Eropa?


Terwujudnya Impian dan Terkabulnya Do'a Adalah Keinginan Semua Orang, untuk itu kita pasti selalu berusaha dan berdoa agar apa yang kita inginkan segera dikehendaki Allah SWT. Namun pertanyaannya apabila kita dihadapkan dua pilihan antara naik Haji atau liburan ke Eropa kamu pilih yang mana?

Berikut adalah pengertian kedua pilihan yang memang jelas berbeda kategorinya, namun apabila suatu saat kamu dihadapkan dengan dua pilihan itu artikel berikut semoga dapat membantu menemukan jawabannya,


1. NAIK HAJI

Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, menjadi impian dan keinginan semua umat Muslim di seluruh dunia. Hal itu karena haji merupakan salah satu Rukun Islam yang wajib dilaksanakan jika mampu.

PENGERTIAN HAJI

HAJI, adalah rukun islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa, menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin sedunia yang mampu ( material, fisik, dan keilmuan ) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di arab saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji ( ulan Dzulhijah ). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang biasa dilaksanakn sewaktu – waktu.

Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 dzulhijjah ketika umat islam bermalam di mina, wukuf (berdiam diri) dipadang arafah pada tanggal 9 dzulhijjah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan ) pada tanggal 10 dzulhijjah, masyarakat indonesia biasa menyebut juga hari raya idul adha sebagai hari raya haji kerena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

MACAM – MACAM HAJI

– Tamattu

Mempunyai arti bersenang-senang atau bersantai-santai dengan melakukan umrah terlebih dahulu dibulan-bulan haji, lain bertahallul. Kemudian mengenakan pakaian ihram lagi untuk melaksanakan ibadah haji, di tahun yang sama. Tamattu’ dapat juga berarti melaksanakan ibadah didalan bulan-bulan serta didalam tahun yang sama , tanpa terlebih dahulu pulang ke negeri asal.

– Ifrad

Berarti menyendiri. Pelaksanaan ibadah haji disebut ifrad, bila seseorang bermaksud menyendirikan, baik menyendirikan haji maupun menyendirikan umrah, dalam hal ini, yang didahulukan adalah ibadah haji. Artinya, ketika mengenakan pakaian uhram di Miqat nya, orang tersebut berniat melaksanakan ibdah haji dahulu. Apabila ibadah haji sudah selesai, maka orang tersebut mengenakan ihram kembali untuk melaksanakan umrah.

– Qiran

Mengandung arti menggabungkan, menyatukan atau menyekaliguskan. Yang dimaksud disini adalah menyatukan atau menyekaliguskan berihram untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Haji qiran dilakukan dengan tetap berpakaian ihram sejak Miqat Makani dan melaksanakan semua rukun dan wajib haji sampai selesai, meskipun mungkin akan memakan waktu lama, menurut abu hanifah, melaksanakan haji qiran, berarti melakukan dua thawaf dan dua sa’i.

RUKUN HAJI

Ihram.
Wukuf di Arafah
Thawaf Ifadah
Sa’i
Mencukur Rambut di Kepala (tahallul)
Tertib

SYARAT HAJI

Islam
Aqil
Dewasa
Berakal
Waras
Orang Merdeka ( Bukan Budak )
Mampu, Baik dalam hal biaya, kesehatan, keamanan, dan nafkah bagi keluarga yang ditinggal berhaji

KEWAJIBAN – KEWAJIBAN HAJI

Melakukan Ihram dari Miqat
BeMulrdiam di padang arafah hingga terbenam matahari
Bermalam di muzdalifah
Melempar jumrah
Mencukur rambut (tahallul)
Bermalam dimina
Thawaf wada

RITUAL IBADAH DI MINA

Sewaktu anda berada di mina, hendaklah anda menunaikan shalat tepat pada waktunay , shalat dzuhur, Ashar dan isya di Qashar menjadi dua rakaat tanpa melakukan jamak, shalat Witir dan sunnah Qabliyah subuh terus dilaksanakan demi mengikuti Rasulullah Saw. Melempar jumrah dilakukan sesuai dengan jadwal-jadwal pelaksanaanya yang telah di tentukan oleh pemandu kepada anda.

BERGERAK MENUJU AREA JAMARAT

ailah dari jamarah Sugra dengan melemparkan tujuh batu kerikil.
Bergeraklah ke arah samping, menghadaplah ke kiblat dan berdoa kepada Allah Swt.

Bergeraklah ke arah Jamarat Wusta dan lemparlah sebanyak tujuh kerikil.
Bergeraklah ke arah samping, menghadaplah ke kiblat dan berdoa kepada Allah Swt.

Kemudian bergeraklah kearah Aqobah (Kubra) dan lemparlah sebanyak tujuh kerikil.

THAWAF IFADAH

Thawaf ifadah adalah salah satu rukun haji dan semua jamaah haji wajib melakukannya.

Perempuan haid harus menunggu hingga bersuci (mandi wajib) kemudian baru melakukan thawaf ifadah, seseorang tidak boleh kembali kenegaranya sebelum melakukan thawaf ini.

Thawaf akan sempurnya jika dilakukan sebanyak tujuh putaran.
Shalat dua rakaan di makam ibrahim (jika memungkinkan) atau di tempat lain didalam Masjidil Haram.
Minumlah Air Zam-Zam.

SA’I UNTUK HAJI

Laksanakanlah Sa’i.
Mulailah dari Shafa dan Akhiri di Marwah.
Sempurnakan Sebanyak tujuh kali, dengan menghitung antara shafa dan marwah satu kali.
Sekarang anda telah menyempurnakan ibadah haji.

KEMBALI KE TANAH AIR

Jangan berbelanja terlalu berlebihan atau melakukan hal-hal lain yang berhubungan dengan kepulangan setelah menyempurnakan thawaf wada’.
Rasulullah Saw berwasiat agar menjadikan thawaf wada’ (perpisahan) sebagai pekerjaan terakhir yang dilakukan oleh jamaah haji sebelum meninggalkan Makkah.

Kecuali jika anda terlambat karena sebab tertentu hingga tiba waktu shalat fardu, disaat itu anda boleh menunaikan shalat didalam masjidil haram meskipun ada melakukannya setelah menyelesaikan thawaf Wada’
Setelah ini, anda tidak perlu melakukan thawaf kembali.

Semoga selamat kembali ketanah air dan semoga menjadi haji yang mabrur ( Insya Allah).


ZIARAH MADINAH

Niat anda haruslah untuk menziarahi masjid nabawi dan bukan untuk menziarahi kuburan Rasulullah Saw .

Didalam hadist yang diriwayatkan oleh abu hurairah ra, ia berkata “ Rasulullah Saw bersabda : “ shalat di masjidku ini lebih baik dari seribu shalat di masjid-masjid lainnya kecuali masjidil haram”

Diriwayatkan dari abbad bin tamim dari pamanya abdullah bin zaid ashim, bahwasanya Rasulullah Saw, bersabda : “ sedungguhnya ibrahim telah menyucikan makkah dan mendoakan penduduknya, dan saya telah menyucikan madinah sebagaimana ibrahim menyucikan makkah. Dan saya mendoakan Mudnya dan Sha’nya sebagaimana ibrahim mendoakannya untuk penduduk makkah “.

APAKAH HAJI MABRUR ITU ??

Apabila seseorang berangkat semata-mata karena Allah Swt
Apabila seseorang berangkat bukan karena ada kepentingan dan tidak hasil dari hutang atau tidak menjual harta bendanya sehingga habis tak tersisa.
Apabila kepulangannya dari ibabah haji tidak lagi melakukan maksiat-maksiat yang pernah dilakukan sebelum berhaji.

Apabila kepulangannya dari ibadah haji, dia tidak mengharapkan panggilan-panggilan (pak haji/ bu haji) karena ibadah ini antara tuhan dan hambanya ( Hanya allah yang memberikan Tittle terbaik kepada para hamba-Nya).
Apabila kepulangan dari ibadah haji tidak lagi melakukan dan berbuat maksiat seta berkata-kata kotor dan hal-hal yang tidak bermanfaat yang mana pernah dia lakukan sebelum berhaji.


Apabila kepulangannya dari ibadah haji di sering beribadah ke masjid serta melaksanakan sholat 5 waktu dan sunnahnya , yang mana dia jarang , bahkan tidak melakukan sebelum berangkat ibadah haji.

2.LIBURAN KE EROPA

Berwisata ke tempat-tempat menarik dan indah di Eropa merupakan liburan yang pastinya sangat dinanti-nantikan setiap orang di luar negara Eropa. Di Eropa Anda dapat menikmati monumen-monumen kuno yang dibangun pada masa prasejarah dengan arsitektur yang sangat indah dan menakjubkan, Udara Eropa yang dingin dan bersalju, kuliner yang dibuat secara sederhana yang berasal dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi atau tempat-tempat belanja murah yang banyak terdapat di negara-negara Eropa.

Seperti mengunjungi Tempat Wisata Permata Mahkota Inggris, Istana Buckingham, Menara Eiffel di Paris. Wisata Religi di Istambul, Turki atau kota Athena di Yunani yang sangat menawan dan menakjubkan.

1. London, Inggris Raya


London menawarkan tempat wisata sejarah yang dipadu dengan seni, mode, kuliner dan bir Inggris yang nikmat. Di Inggris Anda juga akan mendapatkan tempat liburan yang sempurna untuk para wisatawan penggemar budaya seperti mengunjungi Tate Modern atau Royal Opera House. Sementara bagi Anda pecinta belanja dapat menjelajahi berbagai toko di Oxford Street. Sementara bagi Anda penikmat kuliner, Anda dapat mencicipi teh krim di Harrod's atau gorengan yang terbuat dari ikan di kedai yang menawarkan cita rasa klasik London. Buat Anda penggemar musuik dan buku dapat menyelusuri Abbey Road dan Sherlock Holmes Museum serta jangan lupa untuk tidak mengunjugi Permata Mahkota Inggris Istana Buckingham atau Pasar Camden, Museum British, Museum Perang Churcill atau Taman St. James yang eksotis.

2. Istambul, Turki


Turki akan membuat jadwal liburan Anda menjadi padat. Arsitektur menggagumkan tersebar di seluruh kota. Mulailah liburan Anda di Istambul, Turki dengan mengunjungi Masjid Biru Sultan Ahmet Camii yang menakjubkan. Masjid ini dapat di lihat dari seluruh penjuru kota. Jangan lupa untuk menelusuri Jembatan Galata dan Taman Miniaturk untuk melihat artefak berukuran kecil. Memasuki ribuan toko di Grand Bazaar serta menghirup aroma rempah dan buah di Egyptian Bazaar.

Selain tempat-tempat diatas, jangan lewatkan liburan Anda di Istambul Turki untuk mengunjungi Masjid Suleymaniye yang indah, Museum Kariye (The Chora Church) atau DistrikSultanahmet yang sangat menakjubkan.

3. Paris Perancis


Nikmati perjalanan liburan Anda di Paris, Perancis dengan menikmati roti cokelat di kafe pinggir jalan sambil santai setelah lelah berjalan-jalan di sepanjang Sungai Seine dan mengagumi ikon kota seperti Menara Eiffel atau Arc de Triomphe. 

Di Paris Anda akan mendapatkan liburan dengan suasana yang sempurna yang menggabungkan kesenangan dan kemeriahan dengan mencicipi hidangan lezat dan melihat pameran di Louvre. Rasakan keagungan Notre Dame atau menikmati belanja murah di Marche Aux Puces de Montreuil. Buat Anda pecinta Kuliner dapat mengunjungi Marche Biologique Raspail atau melihat pertunjukan di Moulin Rouge.

Nikmati pula liburan Anda di Paris, Perancis untuk tidak melewatkan Museum d'Orsay atau menikmati pemandangan kota Paris dari Jembatan Pont Alexandre III serta Sainte-Chapelle.

4. Praha, Republik Ceko


Kota selanjutnya yang wajib Anda kunjungi saat liburan di Eropa adalah di  Praha, Republik Ceko. Daya tarik bohemian dan suasana negri dongeng akan menjadikan liburan Anda menjadi sempurna. Jika Anda bosan dengan suasana pantai dan ingin menyelami kebudayaan Anda dapat mengunjungi Praha dengan menjelajahi Prazskyhrad (Kastil Praha) lalu menikmati wisata kuliner dengan menyantap makanan lezat di pub khas Ceko. 

Luangkan waktu Anda untuk menelusuri Alun-Alun Kota Tua sebelum mengunjungi Balai Kota Lama dan Jam Astronomi. Rasakan juga bar terbaik di Praha yang berada di bawah tanah, pub bersejarah yang menyediakan tempat minum-minum di malam hari.

Serta jangan lewatkan untuk menikmati keindahan Katedral St. Vitus (Chram svateho Vita) atau mengunjungi Istana Lobkowwicz yang menawan.

5. Roma, Italia


Liburan ke kota Roma, Italia tidak dapat Anda jelajahi dalam satu hari saja. Kota ini terlihat seperti ruang pameran museum luar ruangan raksasa dengan gabungan piazza berukuran besar, pasar terbuka dengan beberapa situs sejarah yang sangat luar biasa. Lemparkan koin di Air Mancur Trevi, Mengunjungi Koloseum atau Pantheon. 

Nikmati kelezatan secangkir kopi cappuccino sebelum belanja sore hari di Campo de' Fiori atau Via Veneto. Santap sepring pasta segar serta beberapa gorengan artichoke yang lezat atau sop buntut yang lembut untuk mendapatkan pengalaman makan yang sangat luar biasa serta untuk tidak melewatkan tempat wisata lainnya di Roma seperti Le Domus Romane di PalazzoValentini yang indah atau Galeri Borghese yang sangat menakjubkan.

6. Barcelona, Spanyol


Berlibur ke kota Barcelona, Spanyol memang sedikit surealis. Hal ini mungkin disebabkan karena Salvador Dali menghabiskan waktu di sini dan arsitek Catalonia Spanyol, Antoni Gaudi yang merancang beberapa bangunan kota seperti Church of the Sacred Family akan membuat Anda merasa seperti berjalan menembus cermin. 

Perjalanan ini dapat Anda lanjutkan dengan mengunjungi Park Guell yang indah serta mencicipi Sangria di kafe pinggir jalan di Las Ramblas sambil menonton aksi pengamen yang menarik. 

Di Roma, Italia Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat wisata religius seperti mengunjugi Gereja Keluarga Kudus, Casa Batllo atau Gothic Quarter yang sangat indah dan menakjubkan.

7. Lisbon, Portugal


Kota Lisbon, Portugal menawarkan Anda tempat liburan menarik dan menawan untuk Anda kinjungi. Lisbon juga akan menunjukan kekayaan sejarah dan budaya buat Anda dan keluarga seperti Museum Maritim, tempat ini sangat tepat untuk Anda kunjungi bersama anak-anak yang suka akan laut. Sementara Casa-Museu Dr. Anastacio Goncalves menampilkan beberapa karya seni penuh warna.

Di Lisbon. Anda juga dapat menikmati tur jalan kaki untuk melihat arsitektur batu yang dinamis. Pastikan juga untuk mengunjungi Padrao dos Descobrimentos, Mosteiro dos Jeronimos dan Torre de Belem yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO serta mengunjungi Lisbon Oceanarium, Museum Gulbenkian atau Museum Ubin Nasional.

8. St. Petersburg, Rusia


Belibur ke kota terbesar kedua di Rusia, St. Petersburg adalah hal yang sangat di impi-impikan oleh setiap wisatawan. Kota yang merupakan Pusat Budaya di Rusia ini menyuguhkan keindahan arsitektur yang sangat memukau seperti keberadaan Istana Musim Dingin dan Katedral Kazan.

Di St. Peterrsburg Anda juga dapat menelusuri koleksi karya seni ternama di Hermitage atau menelusuri Sungai Neva yang terbenatang sepanjang Kota St. Petersburg yang juga merupakan destinasi kesenian, hiburan malam, restoran bergengsi dan budaya yang takkan Anda habiskan dalam satu hari.

Serta jangan lewatkan pula keindahan arsitektur Gereja Penyelamat Kami menumpahkan darah atau Istana dan Taman Peterhof yang sangat menawan hati.   

9. Amsterdam, Belanda


Amsterdam benar-benar kota sepeda, meskipun mengendarai sepeda di jalan berliku mungkin sedikit membingungkan. Anda tidak akan kecewa jika memilih berjalan kaki. Kanal beraliran pelan dapat menjadi latar sempurna untuk penelusuran lapangan Jordaan dan Rembrandtplein. Coba kunjungi Red Light District (kawasan prostitusi) jika harus, hanya agar dapat berkata jika Anda pernah mendatanginya. Anne Frank House adalah salah satu pengalaman paling menyentuh yang dapat dirasakan wisatawan, dan Van Gogh Museum menampilkan koleksi karya yang sensasional. Serta untuk tidak melewatkan keindahan Rumah Anne Frank (Anne Frankhuis), Perpustakaan Umum (Openbare Bibliotheek) atau Museum Nasional Rijks.

10. Budapest, Hongaria


Lebih dari 15 juta galon air setiap hari mengalir masuk ke-118 mata air dan sumur di Budapest. Kota spa ini menawarkan berbagai tempat pemandian, dari Gellert Bath yang mewah, Szechenyi Spa yang luas dan bergaya neo-barok dari tahun 1913, hingga Rudas Spa, kolam Turki dari abad ke-16 yang indah dengan arsitektur asli Ottoman. Destinasi Travellers' Choice yang disebut sebagai "Queen of the Danube" juga kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam. Siapkan kamera Anda untuk memotret reruntuhan bangunan Romawi di Museum Aquincum, Lapangan Pahlawan, dan Taman Patung, serta kubah Basilika St. Stephen setinggi 300 kaki.

Serta jangan lewatkan keindahan Castle Hill (Varhegy), Basilika Santo Stefanus (Szent Istvan  Basilika) atau Jembatan Rantai (Szechenyi Lanchid) yang sangat memukau.

Nah itulah pengertian tentang Ibadah Haji dan 10 tempat terbaik untuk liburan ke Eropa, semoga artikel dan gambaran diatas dapat membantumu menetapkan pilihan Naik Haji atau liburan Ke Eropa.

Sumber Pengertian Naik Haji: kantorurusanhaji.com
Sumber Liburan ke Eropa: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates: