Masya Allah, Inilah 8 Macam Surga dan Para Penghuninya


Surga merupakan tempat terindah yang dijanjikan Allah SWT bagi hambanya yang Ta'at, beriman dan bertaqwa kepadanya di akhirat kelak. Dalam kitab suci Al-Qur'an, surga disebut sebagai jannah yang digambarkan sebagai tempat yang sangat luas dan berisikan segala kenikmatan. Bak sebuah istana yang megah dengan sungai yang mengalir di bawahnya.

Berikut adalah Macam-macam surga dan juga para calon penghuninya yang disebut dalam kitab suci Al-Qur'an

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus disebut sebagai surga paling tinggi tingkatannya di antara surga lainnya. Dalam hadits yang diriwayatkan Abi Said Al-Khudri disebutkan, "Surga terdiri atas seratus tingkat. Antara tingkat yang satu dengan lainnya berjarak seperti bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus."

Dalam Al-Qur'an surat Al-Mukminun ayat 1-11 disebutkan ciri-ciri mereka calon penghuni surga firdaus. "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."

2. Surga Adn

Calon penghuni surga Adn yang terbuat dari intan putih ditulis dalam ayat berikut ini.

"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu." (Q.S Ar-Raad: 22-24)

3. Surga Naim

Surga Naim merupakan surga yang diciptakan Allah dari perak putih.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan." (Q.S Luqman: 8)

"Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya." (Q.S Al-Qolam: 34)

Selanjutnya

1 2 3

Subscribe to receive free email updates: