Ternyata Ini Sejarahnya Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur


Sorotberita.com - Setiap negara memiliki hari libur masing-masing. Di balik penentuan hari libur itu ternyata ada sejarah menarik yang perlu untuk diketahui. Misalnya di negara-negara bagian Timur Tengah seperti Arab Saudi, Dubai, Qatar dsb, hari Jumat dipilih sebagai hari libur.


Alasannya, hari Jumat dianggap sebagai hari baik untuk umat beragama islam atau umat muslim untuk beribadah. Dengan liburnya aktifitas di hari Jumat itu, masyarakat Arab Saudi yang mayoritas muslim memiliki banyak waktu untuk melakukan salat Jumat dan ibadah lainnya lebih lama.

Lain halnya dengan bangsa Yahudi di Israel. Mereka menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur lantaran hari Sabtu merupakan hari ibadah bagi mayoritas penduduknya.

Terus, mengapa di Indonesia hari Minggu yang dijadikan sebagai hari libur? Hari Minggu sebagai hari libur sebenarnya tak hanya berlaku di Indonesia saja, akan tetapi mayoritas negara di dunia ini. Sebab sejarahnya berawal pada masa Romawi.

Saat dahulu kala, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara-negara di Eropa. Wilayah kekuasaan mereka diantaranya sampai ke Belanda, Inggris, Prancis, Jerman,dsb. Nah sejak masa itulah, bangsa Romawi Kuno sudah memiliki keyakinan yang kuat bahwa hari Minggu merupakan hari yang sangat baik untuk beribadah. Sehingga mereka meliburkan semua aktivitasnya pada hari tersebut.

Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan unik mereka selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah. Pengaruh ini kemudian menyebar pula ke wilayah-wilayah kekuasaan bangsa Romawi tadi. Salah satunya adalah, Negara Belanda.

Dan telah kita ketahui bersama bahwa Negara Belanda pernah menjajah dan  menguasai Indonesia. Maka Sejak saat itulah, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Dan akhirnya, tradisi libur di hari Minggu terus dipertahankan dan berlaku hingga kini.

(Berbagai sumber)

Subscribe to receive free email updates: