Tahukah Anda Berapa Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Sedang Bercinta


Sorotberita.com - Walaupun tak sebanyak yang dipikirkan, tapi salah satu survey mengatakan bahwa aktifitas bercinta yang dilakukan ternyata membakar lebih dari 100 kalori, terutama bagi laki-laki.

Tim penelitian dari Universitas ternama Montreal membandingkan jika pembakaran kalori dari aktifitas bercinta dengan olahraga lari sesuai dengan jenis kelamin, menemukan hasil yang tidak mengejutkan, memang berlari jauh lebih efektif membakar kalori dibandingkan bercinta.

Perempuan membakar setidaknya 213 kalori selama 30 menit berlari ringan, sementara laki-laki membakar 276 kalori. Bercinta di sisi lain, membuat 101 kalori dari laki-laki terbakar dan hanya 69 pada perempuan, hal itu berarti membakar rata-rata 3,6 kalori setiap 60 detik.

"Berat badan laki-laki lebih berat daripada perempuan oleh sebab itu, pengeluaran energi yang dibutuhkan akan lebih tinggi pada laki-laki untuk latihan yang sama," ujar penulis studi, Antony Karelis, seorang profesor kinetika di Universitas Montreal yang dilansir amp.timeinc.net.

Bahkan Laki-laki juga lebih aktif secara fisik saat bercinta, ungkapnya. Meskipun bercinta bukanlah olahraga terbaik di dunia ini, tapi tetap saja bagus untuk kita karena bisa membakar 70 sampai 100 kalori setiap kali bercinta dengan pasangan.

Walaupun begitu tentu saja Anda tidak bisa selalu bergantung pada kegiatan bercinta tersebut. Sesi bercinta dalam penelitian tersebut berlangsung selama 25 menit termasuk pemanasan atau foreplay, tapi kadang jauh lebih lama dari rata-rata.

Salah satu studi di New England Journal of Medicine menemukan bahwa rata-rata seseorang yang sedang bercinta berlangsung hanya enam menit saja (walaupun jumlah itu bukan termasuk pemanasan atau foreplay).

Para peserta yang mengikuti penelitian rata-rata berusia 24 tahun, bisa juga memiliki energi yang lebih kuat ketimbang orang yang lebih tua. Sebuah studi di American Journal of Cardiology juga menemukan bahwa tahap bercinta pra-orgasme sebagian besar membutuhkan energi yang hampir tidak lebih daripada olahraga lari.

Lebih-lebih pada pasangan yang usianya tua dalam hubungan jangka panjang, bercinta tidak mungkin seharusnya mengganggu detak jantung atau membuang banyak energi.

Jumlah kalori yang dibakar saat bercinta sangat bervariasi dari satu sesi ke sesi yang lainnya, ungkap Karelis, jadi bila setelah melakukan hubungan bercinta badan akan terasa berkeringat dan bernafas dengan tempo cepat, hal tersebut terjadi karena Anda sudah membakar lebih banyak kalori.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, posisi bercinta tak kalah penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berada diposisi atas membutuhkan lebih banyak energi daripada berada diposisi bawah.

Meski sangat tidak disarankan, melakukan kegiatan bercinta dengan pasangan terlarang juga dapat meningkatkan pembakaran kalori. Buktinya, salah satu studi di European Heart Journal menemukan bahwa 75% kematian mendadak akibat serangan jantung yang terjadi saat bercinta  melibatkan pasangan di luar nikah atau pasangan yang terlarang.

Meski tak membakar banyak kalori, bercinta tetap baik bagi kesehatan tubuh. Bercinta teratur dapat dikaitkan dengan tingkat terkena kanker yang lebih rendah, serta peningkatan kesehatan mental. 

Hal tersebut terjadi karena bercinta mengirimkan zat kimia santai dan membuat sistem tubuh bekerja lebih baik. Bercinta juga mendorong pelakunya untuk cepat tidur. Itu semua adalah alasan mengapa Anda harus lebih sering dapat bercinta dengan pasangan, kan?

Subscribe to receive free email updates: