Sakit di Sekitar Telinga Bisa Sebabkan Oleh Ruh Keluar dari Tubuh?


Beginilah penjelasan ilmiahnya mengenai mitos tersebut?

Sorotberita.com - Berabad-abad dunia sains terus memperdebatkan fenomena pengalaman ruh yang keluar dari tubuh atau yang akrab disebut dengan istilah Out of Body Experience (OBE).

Menurut The Sun, banyak teori tentang faktor yang memicu OBE telah dikemukakan. Seperti tertidur olahraga ekstrem dsb.

Peneliti sebelumnya telah menduga, gangguan telinga misalnya. Bocornya telinga bagian dalam atau infeksi saraf di dekat gendang telinga dapat memicu terjadinya OBE.

Teori tersebut mendapat dukungan dari seorang pakar syaraf dari Prancis. Penelitian Christophe Lopez bersama pakar telinga Maya Elzière menunjukkan, OBE kebanyakan disebabkan oleh gangguan komunikasi antara sistem visual normal dan sistem vestibular atau telinga bagian dalam.

Mereka menganalisa 210 pasien yang pernah dirawat Elziere karena rasa pusing yang berasal dari telinga bagian dalam. Christophe dan timnya juga memeriksa 210 orang dengan usia dan jenis kelamin yang sama, yang tidak memiliki masalah dengan rasa pusing.

Hasilnya, Christophe bersama timnya menemukan bahwa sebagian besar pasien yang mengalami pusing didiagnosis pernah mengalami OBE. Mereka mengalami OBE setelah menunjukkan tanda-tanda depresi dan kecemasan, serta perasaan depersonalisasi atau merasa terpisah dari dirinya sendiri dan lingkungan disekitarnya.

Gejala-gejala seperti ini memperkuat munculnya OBE. Kira-kira 14 persen pasien yang memiliki masalah kepala pusing mengatakan pernah mengalami fenomena itu.

Tetapi, hanya lima persen dari pasien yang dipantau mengaku pernah mengalami fenomena OBE. Sementara yang tidak menderita masalah telinga, mereka semua menderita kecemasan,depresi atau depersonalisasi.

Christophe bersama timnya menyimpulkan depresi dan depersonalisasi sangatlah berkontribusi pada OBE. Namun begitu masalah pada telinga bagian dalam juga menjadi penyebab yang lebih mungkin.

Subscribe to receive free email updates: