Mengharukan, Dibalik Mental Baja, Ada Hati Selembut Sutera Dari Sosok Prajurit Ini

Momentum saat rumah Mbah Sarjiyem akan diperbaiki, sontak nenek tersebut terharu

Sorotberita.com - TNI Manunggal Membangun Desa atau disingkat TMMD reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul dengan sasaran fisik yang sudah diprogramkan sebelumnya, kini sudah menyentuh tahap rehab atau renovasi rumah . Tepatnya dirumah yang ditempati oleh Mbah Sarjiyem.  Selama lebih dari 50 tahun, rumahnya belum pernah di renovasi sama sekali karena tidak mempunyai biaya untuk memperbaikinnya.


Itu berarti, dalam rentang waktu yang cukup lama itu menjadikan kondisi rumah yang ditinggalinya sangat memprihatinkan. Atapnya bocor, lantai masih berupa tanah, dinding tembok mulai berlubang dan hancur. Kondisi tersebutlah yang menjadikan rumah miliknya terbilang sangat tidak layak untuk dihuni.
Ketika Kodim 0729/Bantul bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bantul meminta data-data warga yang kurang mampu guna segera dilakukan cek sebagai upaya memilih rumah yang layak mendapatkan bantuan untuk direnovasi, maka Mbah Sarjiyem pun masuk dalam daftar.

Saat disampaikan kepadanya bahwa rumah Mbah Sarjiyem akan diperbaiki, sontak nenek yang usianya kian merangkak uzur ini nyaris tidak percaya. Namun, ketika prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Penugasan (Satgas) datang dengan memberikan bantuan semen sekaligus membongkar rumahnya, barulah Mbah Sarjiyem yakin.

Tak ayal, Nenek yang sudah terlihat garis-garis kerut di kulitnya pun menangis karena terharu dan bahagia. Air matanya tumpah sembari merangkul Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Bantul, Kapten Stepanus. Mbah Sarjiyem menangis sejadi-jadinya. Ia merasa seperti mimpi bila rumahnya benar-benar direnovasi dan diperbaiki agar menjadi rumah yang layak huni dan dapat ditinggali.

“Saya sangat berterimakasih kepada bapak-bapak tentara yang telah mau memperbaiki rumah saya. Selama ini saya sudah pasrah, karena memang saya tidak mampu dan tak punya apa-apa untuk memperbaikinya. Saya berdoa semoga kebaikan bapak-bapak tentara dan yang terlibat mendapat balasan dari Allah SWT,” tutur Mbah Sarjiyem sembari sesenggukan menahan haru.

Subscribe to receive free email updates: