Jarang yang Tahu, Begini Cara Membuktikan Emas Murni 24 Karat dan Campuran


Selama ini pernah kita terpikir jika perhiasan emas yang dibeli itu terbuat dari emas murni atau bukan?

Sorotberita.com – Apa yang paling diinginkan kaum hawa ketika harga emas turun? Ya, jawabannya adalah secepatnya membeli perhiasan.

Tak heran saat itulah toko-toko perhiasan dipenuhi pembeli yang ingin berbelanja emas. Entah itu kalung, cincin, maupun gelang.

Namun begitu, pernahkah kita terpikir jika perhiasan yang dibeli itu terbuat dari emas 24 karat atau campuran? Jika kalian penasaran, tentu cara termudah yang dapat dilakukan adalah bertanya kepada pedagang emas.

Tapi bagaimana jika penjualnya berbohong?

Tenang, ada cara yang cukup mudah yang bisa kita lakukan untuk menguji apakah perhiasan emas yang kita beli ini terbuat dari emas murni 24 karat atau dicampur dengan logam lain.

Dilansir dari NBC News pada 9 Agustus 2017, seorang koresponden di bidang investigasi NBC News, Jeff Rossen, menunjukkan cara mudah membuktikan perhiasan emas yang dibeli adalah perhiasan emas yang terbuat dari emas murni 24 karat. Anda cukup menyediakan perhiasan dan magnet.

Lalu bagaimana caranya? Dekatkanlah perhiasan dengan magnet. Jika perhiasan tidak menempel ke magnet, itu tandanya perhiasan tersebut terbuat dari emas murni 24 karat. Tapi Jika perhiasan itu menempel, itu tandanya emas tersebut bukanlah emas murni. dan berarti perhiasan tersebut mengandung campuran logam lain.

Mudah sekali kan cara membuktikannya. Selamat mencoba! 

Subscribe to receive free email updates: