Penting Dan Ingat Penuhi Nutrisi dengan Maksimal Saat Hamil Simak Artikel Berikut Ini



Sorotberita.com - Mengandung buah hati tersayang tentu menjadi sebuah anugerah terindah bagi setiap perempuan. Asupan-asupan penuh nutrisi pun harus dikonsumsi supaya ibu tetap sehat dan janin berkembang dengan optimal.

Nutrisi ini didapatkan dari konsumsi makanan sehari-hari. Jika dirasa menu makanan masih belum mencukupi nutrisi yang dibutuhkan, mengonsumsi suplemen bisa menjadi pilihan. Nutrisi ini biasa dikelompokkan menjadi 2, yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien yaitu karbohidrat, protein, dan lemak sedangkan untuk Mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Ibu yang sedang hamil biasanya mencukupi 70% kebutuhan nutrisinya dengan karbohidrat.

Sedangkan untuk nutrisi yang Mikronutrien seperti vitamin dan mineral kurang diperhatikan itu berarti sangatlah kurang. Padahal mikronutrien juga memegang peranan yang sangat penting guna menjaga kesehatan ibu serta janin yang tengah dikandungnya.

"Perlu diketahui bahwa Ibu yang hamil disarankan banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat dan zat besi. Padahal Mikronutrien lainnya seperti yodium, kalsium, dan Omega-3 juga tidak kalah pentingnya. 
Namun, Mikronutrien ini tak bisa dikonsumsi sembarangan karena dosisnya harus pas sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh," kata Dr. Damar Prasmusinto, konsultan fetomaternal, Departemen Obsteri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran UI, di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Agustus 2017.

Dr. Damar Prasmusinto juga menerangkan bahwa ibu hamil harus mengonsumsi yodium 50 persen lebih banyak dari kondisi normal (saat tidak hamil). Hal ini demi memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin supaya selalu sehat hingga masa persalinan tiba.

" Tapi perlu diingat juga bahwa hal itu bukan berarti boleh makan garam banyak-banyak, sebab dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi. Masa kehamilan itu waktu yang sangat spesial dimana kita butuh nutrisi yang tepat," ucap Lesley Braun, Direktur Blackmores Institute.

Tahukah anda jika saat ini untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy & Breast Feeding telah resmi hadir di Indonesia sebagai suplemen yang dapat mencukupi asupan nutrisi ibu hamil karena mengandung 5 mikronutrien baik (asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan Omega-3) yang dosisnyapun disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil.

" Suplemen ini sudah terkenal di Australia dan dinegara-negara maju lainnya. Produk ini bukan hanya untuk memenuhi asupan bayinya saja, tapi juga memberikan asupan penting untuk ibunya. Jadi ibu sehat, anak sehat juga," ujar Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Subscribe to receive free email updates: