Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!


Sorotberita.com - Indonesia dan Malaysia adalah negara serumpun. Selain letaknya yang berdekatan kedua negara tersebut memiliki banyak persamaan baik secara adat maupun budaya penduduknya yang tergabung dalam rumpun melayu. Sebagai negara yang bertetangga Indonesia dan malaysia tentu saja memliki kedekatan historis dan kultural yang tidak bisa terpisahkan.

Walaupun Indonesia dan Malaysia sejatinya adalah 2 negara yang bertetangga, namun kenyataanya Indonesia dan Malaysia punya sejarah kelam dalam perjalanan persahabatan-nya di masa lalu. Tepatnya dimulai pada 20 Januari 1963, Menteri Luar Negeri Indonesia waktu itu Soebandrio mengumumkan bahwa Indonesia mengambil sikap bermusuhan terhadap Malaysia. Pada 12 April, sukarelawan Indonesia (pasukan militer tidak resmi) mulai memasuki wilayah Sarawak dan Sabah untuk menyebar propaganda dan melaksanakan penyerangan serta kegiatan sabotase. Dan pada akhirnya Tanggal 3 Mei 1963 di dalam sebuah rapat raksasa yang digelar di kota Jakarta, Presiden Indonesia waktu itu Ir. Soekarno mengumumkan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang isinya semakin memojokan posisi Malaysia yaitu: Pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah, untuk menghancurkan Malaysia.

Soekarno yang nasionalis dan idealis memang mengambil sikap bermusuhan dengan Malaysia. Akan tetapi setelah pemerintahan orde lama jatuh ke tangan Soeharto, maka perlahan-lahan hubungan kedua negara mulai membaik. Jika kita berbicara tentang kedua negara bertetangga tersebut, tidak lengkap jika kita tidak membahas dari sisi militer. Seperti apa kekuatan militer Indonesia dan Malaysia saat ini tahun 2017 ini? Seberapa kuat pasukan tentara Indonesia jika dibandingkan kekuatan pasukan Diraja Malaysia saat ini? Berapa jumlah peralatan militer seperti Tank, Pesawat Tempur, Helikopter, Kapal Perang, dan Kapal selam dari Indonesia dan Malaysia?

Berikut adalah data perbedaan kekuatan militer dan alutsista antara Tentara Nasional Indonesia dengan Tentara Diraja Malaysia yang dihimpun oleh Global Fire Power (GFP) melalui berbagai sumber informasi terbuka.
Catatan :  Gambaran kekuatan militer di atas adalah gambaran dan perbedaan kekuatan militer dan alutsista Indonesia dan Malaysia yang dihimpun oleh GFP. Data bisa saja berbeda dengan gambaran kekuatan militer Indonesia dan Malaysia yang sesungguhnya mengingat data militer setiap negara bersifat sangat sensitif dan rahasia.

Sumber globalfirepower.com

Subscribe to receive free email updates: