Astaga, Warga Temukan Garam Yang Mengandung Serbuk Kaca


Sorotberita.com - Setelah beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan tentang krisis garam, sekarang warga Kota Baru, Kalimantan Selatan dikejutkan dengan garam yang mengandung serbuk kaca.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Kalimantan Selatan, Ernawati telah menginstruksikan kepada stafnya turun langsung ke lapangan untuk mensurvei peredaran garam yang diduga mengandung serbuk kaca tersebut. 

Permintaan tersebut dilakukan seiring dengan adanya keluhan dari salah seorang warga yang membeli dua bungkus garam merek DPA, yang diduga mengandung serbuk kaca. 

"Petugas juga saya perintahkan mendatangi agen-agen garam di Pasar Kemakmuran, untuk mencari tahu apakah ada agen garam yang diduga mengandung serbuk kaca tersebut," kata Ernawati.

Ernawati meminta para agen tidak menjual garam merek DPA  sebelum dipastikan apakah garam tersebut benar mengadung serbuk kaca atau tidak.
Oleh karenanya, perlu diadakan pemeriksaan di laboratorium terlebih dahulu.

"Saat ini kami juga telah berkoordinasi dengan pihak Laboratorium serta pihak terkait lainnya, apabila sewaktu-waktu ditemukan garam yang beredar di masyarakat dan diduga mengadung serbuk kaca langsung bisa diperiksa," sambungnya.

Seorang warga Cantung, Kelumpang Hulu, Abah Syifa, menuturkan keluarganya beberapa hari lalu membeli dua bungkus garam merk DPA tersebut, namun setelah diperiksa dengan cara menuangkan satu bungkus garam ke air dalam wadah dan diaduk-aduk masih ada sisa serbuk yang tidak bisa larut.

"Jadi karena adanya kejadian itu kami menduga bahwa, yang tidak mau larut itu serbuk kaca, tetapi perlu pembuktian melalui laboratorium atau pihak terkait lainnya," tutur Syifa.

Subscribe to receive free email updates: